Begini Caranya Manasik Umroh Sesuai Sunnah Rasul

“Haji kecil” atau disebut juga dengan umroh adalah serangkaian kegiatan ibadah yang dicontohkan melalui sunnah Rasulullah. Dengan demikian, kita sebagai umat muslim tentu harus mengetahui bagaimana ibadah umroh yang sesuai dengan sunnah rasul tersebut untuk menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan ibadah tidak sah.

manasik-umroh-compressor

Umumnya, para calon jemaah umroh akan melakukan manasik yang diselenggarakan dari pihak dimana kita mendaftar umroh. Manasik sendiri berarti sebuah pelatihan/praktik pelaksanaan umroh secara detail yang dilakukan oleh para calon jemaah. Para jemaah juga tentu harus mengedukasi dirinya sendiri dan tahu terlebih dahulu mengenai manasik umroh sesuai sunnah. Lalu, bagaimanakah cara manasik umroh sesuai sunnah tersebut? Simak ulasan berikut.

  1. Ihram

Pertama, para jemaah haji harus melakukan ihram. Ihram diartikan pula dengan berniat untuk memulai umroh yang dilakukan dengan cara mengucap talbiah dan menggunakan pakaian ihram khusus yang tidak dijahit dan menampakkan lekuk tubuh.

Ihram umroh ini dilakukan dari miqat. Mengucapkan niat ini pun disarankan dilakukan setelah melakukan salat. Bila melakukan niat setelah memasuki kendaraan tetap diperbolehkan, asalkan belum memasuki miqat. Para jemaah pun sangat dilarang untuk berkata buruk, bertengar atau menggunjing setelah membaca niat.

  1. Thawaf

Selanjutnya, para jemaah harus melakukan thawaf yakni mengitari ka’bah sebanyak 7 kali putaran yang dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di situ pula. Dalam melaksanakan thawaf, Anda harus berniat, suci dari hadats serta menutup aurat dengan benar. Ka’bah harus berada di sebelah kiri Anda saat melakukan thawaf.

  1. Sa’i

Manasik umroh sesuai sunnah rasul selanjutnya yaitu melakukan sa’i. Sa’i merupakan sebuah perjalanan atau lebih tepatnya lari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali putaran. Sa’i dilakukan sambil membaca kalimat tahmid dan takbir serta mengangkat kedua belah tangan dan membaca do’a sesuai sunnah rasul.

  1. Tahallul

Tahallul dilakukan dengan cara mengunting rambut setelah melakukan sa’i. Pengguntingan sebagian rambut ini dijadikan pertanda bahwa seluruh rangkaian kegiatan umroh sudah berakhir. Seorang jemaah harus menggunting rambutnya minimal 3 helai.

Nah, itulah rangkaian manasik umroh yang memang sesuai dengan sunnah rasul. Dengan membaca artikel ini, maka Anda sudah selangkah lebih mengetahui mengenai manasik umroh sebelum benar-benar melaksanakan manasik tersebut nantinya menjelang keberangkatan Anda. Selamat menjalankan ibadah.

You might like:

Enjoy Belanja di JD.ID Enjoy Belanja di JD.ID
Belanja Di Online Shop Indonesia Belanja Di Online Shop Indonesia
Beli Baju Di Online Shop Indonesia Beli Baju Di Online Shop Indonesia
Tips Cermat Memilih Kompor di Mataharimall Tips Cermat Memilih Kompor di Mataharimall

Leave a Reply

Submit Comment
IBX583F5FBBD321D © 2017 Tutorial Terbaru. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.