Cara membuat bubuk matcha mudah sebagai peluang usaha anda

Matcha  digunakan untuk penyajian dalam upacara minum the di negara Jepang. Akan tetapi, saat ini matcha sudah sangat populer di dunia termasuk tanah air sendiri. Selain mengandung kaya akan antioksidan, matcha dapat digunakan sebagai pewarna alami.

shutterstock_173793038.0.0

Secara prinsip utama pembuatan matcha masih dilakukan secara tradisional jepang. Karena untuk menjaga kualitas. Berikut tahapan proses pembuatan matcha. Pertama adalah tunas baru pertama mulai muncul di ujung daun teh camellia sinesis pada awal dibulan April. Sangat berbeda dengan penanaman tehpada umumnya, matcha ditanam dengan cara ditutupi jaring pada bagian atas supaya daun teh tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hachiju hachiya di Jepang menjadi bulan spesial, karena bulan ini menandakan awal panen daun teh. Teh yang dipetik adalah bagian pucuknya saja. Ini dikarenakan kualitas aroma dan rasa sangat baik pada bagian pucuk daun the paling atas.

Perbedaan antara matcha dengan teh jepang lainnya seperti teh hitam, teh hijau dan teh oloong adalah daun teh hijau dikukus setelah dipanen pada masa panennya. Proses untuk pengukusan berlangsung sekitar 15 -20 detik lamanya dan dilakukan setelah 12 -20 jam setelah daun dipetik dari batangnya. Tujuan pengukusan adalah untuk mencegah daun teroksidasi dengan cepat. Dalam proses pendinginan atau pengeringan ini, bubuk matcha dikeringkan dengan menggunakan aliran udara ringan yang tersedia. Lalu tersebar dengan merata di atas permukaan datar hingga matcha kering. Tetapi sebelum kering, matcha melewati drum khusus yaitu batang dipisahkan dari daun teh. Bagian the yang tersisa, setelah pengeringan dengan Tencha yang merupakan bahan baku dari bubuk matcha tersebut.

Langkah terakhir dari pengolahan matchayang harus anda perhatikan adalah penggilingan  Teknik untuk menjadi bubuk halus. Selama lebih dari 800 tahun, metode tradisional ini dilakukan secara manual dengan menggiling Tencha dengan alat penghalus berbahan batu yang berkualitas. Akan tetapi sudah menggunakan mesin dengan teknologi canggih, sehingga dapat menghasilkan konsistensi matcha yang halus serta berkualitas baik. Setelah digrinding, barulah matcha dapat dikemas dengan packaging menarik.

You might like:

Mengulas Tentang Toko Ban Motor dan Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Mengulas Tentang Toko Ban Motor dan Cara Memilih Ban Motor yang Tepat
Cara membuat bubuk matcha mudah sebagai peluang usaha anda Cara membuat bubuk matcha mudah sebagai peluang usaha anda
Enduro Perlengkapan Furniture Kantor Terlengkap Enduro Perlengkapan Furniture Kantor Terlengkap
Rekomendasi Hotel Murah Dan Terfavorit Di Daerah Puncak Rekomendasi Hotel Murah Dan Terfavorit Di Daerah Puncak

Leave a Reply

Submit Comment
IBX583F5FBBD321D © 2017 Tutorial Terbaru. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.