Penting! 3 Bahan Pelapis untuk Polesan Lemari Pakaian dari Kayu yang Harus Anda Tahu

Perkembangan inovasi bentuk lemari pakaian berjalan cepat seiring berkembangnya produsen produk teknologi yang tiap harinya selalu meluncurkan produk-produk terbaru mereka. Jika awal kemunculannya masih berbentuk kotak kecil seperti peti harta karun, kini sudah berkembang dengan ukuran besar dan tinggi. Ada lemari pakaian tanpa penutup, lemari geser, dan masih banyak lagi yang tentunya diimbangi dengan style dan warna yang unik.

Lemari pakaian berbahan plastik banyak dijual dengan beragam corak yang memikat, namun keberadaannya tidak mematikan lemari pakaian kayu yang hingga kini masih banyak peminatnya. Asalkan tahu cara memilih dan merawatnya, lemari kayu bisa bertahan hingga puluhan tahun. Salah satu hal yang mempengaruhi usia lemari pakaian adalah bahan pelapis untuk polesannya (finishing). Apa saja itu? Cek ulasannya berikut ini.

  1. Melamin

Melamine-Wardrobe-Woodn-Closet-Bedroom-Furniture

Kelebihan dari pelapis ini adalah permukaan kayu menjadi bebas jamur dan sangat halus karena mampu menutup pori-pori kayu hingga memberikan kesan mewah dan elegan. Sedangkan kekurangan dari pelapis jenis ini yaitu tidak dapat digunakan untuk furnitur eksterior karena tidak tahan panas dan air, sulit dilapis ulang, serta membuat mata perih dan bau menyengat beberapa saat setelah diaplikasikan pada furnitur.

2. Politur

Kelebihannya yaitu melindungi lemari kayu dari cahaya, panas, dan serangan jamur, serta mudah dibersihkan. Pelapis yang dapat mempertajam pola serat kayunya ini juga dapat dipakai untuk furnitur interior maupun eksterior. Kekurangan dari bahan pelapis ini yaitu belum kuat menahan goresan dan benturan, serta cepat memudar sehingga harus sering diaplikasikan pada furnitur agar tetap terlihat bagus.

3. Cat

Merupakan salah satu jenis finishing non transparent (opaque finish) selain veneer, laminate, tacon sheet (HPL), dan PVC. Kelebihan dari cat sebagai pelapis yaitu pilihan warnanya yang sangat banyak, dari warna muda, hingga tua. Kekurangannya terletak pada harga yang relatif mahal, lamanya proses pengaplikasian, dan serat asli dari kayu tidak dapat dikembalikan karena tertutup oleh warna cat.

Selain melamin dan politer, contoh finishing transparent (clear finish) lainnya yaitu NC (Nicrocellulose) dan PU (polyurethane). Jika ingin memilih lemari pakaian dari kayu, pilih dari material awet, kuat, elegan, dan terkesan mewah seperti kayu jati. Pilih yang sudah tua dengan warna kemerah-merahan yang merata di seluruh permukaanya. Jika Anda tertarik, fabelio.com merupakan toko online yang saya rekomendasikan.

 

 

You might like:

Rekomendasi Hotel Murah Dan Terfavorit Di Daerah Puncak Rekomendasi Hotel Murah Dan Terfavorit Di Daerah Puncak
5 Tema Desain Kitchen Set Modern dan Kekinian untuk Mempercantik Interior Dapur Anda 5 Tema Desain Kitchen Set Modern dan Kekinian untuk Mempercantik Interior Dapur Anda
Penting! 3 Bahan Pelapis untuk Polesan Lemari Pakaian dari Kayu yang Harus Anda Tahu Penting! 3 Bahan Pelapis untuk Polesan Lemari Pakaian dari Kayu yang Harus Anda Tahu
3 Kecanggihan ROG Gaming Center pada Notebook Asus GL553VD 3 Kecanggihan ROG Gaming Center pada Notebook Asus GL553VD

Leave a Reply

Submit Comment
IBX583F5FBBD321D © 9023 Tutorial Terbaru. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.